Tips Membuat Gallery Wall di Rumah
Dipublikasikan pada 15 Sep 2017 oleh Pro Design

Salah satu cara untuk membuat ruang terlihat lebih berwarna ialah dengan menghias dinding. Jika Anda memiliki banyak foto yang ingin dipajang, kenapa tidak gantung saja berbagai bingkai tersebut di dinding dan menjadikannya sebagai gallery wall? Tak hanya foto, bingkai tersebut dapat dihias dengan apa pun, seperti sketsa, lukisan, atau bermacam kalimat yang dapat memotivasi Anda.

Berikut adalah tips yang bisa dijadikan sumber ide awal untuk membuat gallery wall di rumah Anda. Selamat mencoba!

Memilih warna dinding

Pilihan warna dinding yang tepat akan membuat lukisan atau foto bisa tampil standout atau sebaliknya, bila warna yang dipilih salah. Kebanyakan galeri seni atau museum mengecat dindingnya dengan warna putih. Warna ini dianggap aman dan netral untuk menonjolkan lukisan atau foto.

Memilih frame atau bingkai

Bingkai kayu dengan profil yang simple, paling tepat untuk membuat gambar dalam foto atau lukisan lebih menonjol. Sebaliknya, memilih bingkai dengan profil yang penuh ornamen atau detail justru mengalihkan perhatian orang dari lukisan atau foto itu sendiri. Bisa jadi, bukan lukisan atau foto yang membuat orang kagum, tapi bingkai atau framenya.

Ketika membingkai, beri jarak antara kaca dengan lukisan atau foto itu sendiri. Kaca yang langsung menempel pada permukaan lukisan atau foto bisa merusak warnanya. Juga bisa memberi efek silau, sehingga gambar lukisan atau foto menjadi kurang jelas.(1)

Susun Pola

Bila jumlah bingkai yang akan dipasang berjumlah lebih dari satu dan ditempatkan dalam satu tempat, akan lebih baik jika membuat pola penyusunan terlebih dahulu. Anda dapat membuatnya dengan menggambar bentuk dan ukuran bingkai pada sebuah kertas. Kertas tersebutlah yang digunakan untuk mencoba berbagai pola yang nantinya akan diterapkan. Cara ini dapat membantu Anda mendapatkan pola susunan yang diinginkan dengan mengurangi risiko bingkai rusak atau jatuh.

Pajang Gambar Karya Anak Anda

Pada umumnya setiap anak senang menulis dan menggambar sesuatu. Anda bisa memanfaatkan karya anak Anda untuk memajangnya pada Gallery Wall. Dengan begitu, anak akan merasa bangga atas apa yang telah dihasilkannya dan dapat memupuk rasa percaya dirinya.

Gunakan Ambalan Sebagai Tempat Peletakan Frame

Media untuk menempatkan atau memajang frame berisi foto, tidak hanya terbatas pada dinding saja. Misalnya, Anda bisa memasang ambalan pada dinding sebagai media display. Lalu susun bingkai foto berbagai ukuran diatasnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menggantung foto di dinding dan ruang pun tetap dapat dihiasi dengan foto-foto berharga.(2)


PRO DESIGN / ARTIKEL & DEKORASI / TIPS MEMBUAT GALLERY WALL DI RUMAH