5 Kunci Utama Penataan Ruang Bermain Anak
Dipublikasikan pada 15 Sep 2017 oleh Pro Design

Sebagian besar dari Anda pasti bertanya-tanya seberapa pentingkah menghadirkan ruang bermain anak di dalam rumah? Jawabannya, ya perlu. Anak-anak membutuhkan ruangan khusus dimana mereka bisa bermain, belajar dan bereksplorasi dengan aman dan nyaman. Skala ruangannya tak perlu besar, yang penting cukup mengakomodir segala aktivitas anak di dalamnya. Selain itu, ruang bermain sebaiknya dibuat terpisah dari kamar tidur, sebab bermain dan istirahat merupakan dua aktivitas yang berbeda.

Sebelum mulai membangun ruang bermain anak, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, terutama keamanan dan kenyamanannya. Anda perlu memastikan furnitur dan elemen yang digunakan di dalamnya aman digunakan oleh si kecil.

Tema dan layout ruang

Pengaturan posisi meja, kursi dan lemari menjadi poin paling penting. Lemari dan rak penyimpanan sebaiknya diletakkan menempel pada dinding. Sementara meja dan kursi yang menjadi pusat aktivitas anak berada di tengah-tengah ruangan. Berikutnya, tentukan tema desain ruang sesuai dengan karakter anak. Stimulasi kreativitasnya dengan memilih warna-warna cerah yang ceria.

Furnitur yang aman

Furnitur yang aman digunakan oleh anak adalah furnitur yang bagian ujungnya tidak lancip dan berbahan ringan seperti plastik agar ia mudah memindahkannya. Sesuaikan ukuran meja dan kursi dengan ketinggian dan besarnya badan anak, serta pilih warna-warna cerah untuk menstimulasi otaknya sekaligus menjadi aksen untuk menceriakan ruang.

Area khusus untuk menggambar

Anak-anak, terutama usia balita memiliki kecenderungan mencoret-coret. Oleh karena itu, akomodir kegemarannya dengan menyisakan sedikit area untuk meletakkan papan tulis atau meja gambar. Cara lainnya, Anda bisa melapisi setengah bagian dinding dengan cat khusus papan tulis berwarna hitam yang mudah dibersihkan. Sehingga Anda tak perlu khawatir ruangan menjadi kotor dan berantakan, si kecil pun bebas berkreasi.

Tempat penyimpanan

Agar ruangan selalu terlihat rapi, ajarkan si kecil untuk selalu membereskan kembali mainannya. Anda bisa menyediakan tempat penyimpanan berupa lemari atau rak terbuka yang bisa diisi oleh boks-boks penyimpanan.

Penutup lantai

Aktivitas bermain anak rentan akan kecelakaan, maka sebaiknya lantai dilapisi lagi dengan karpet. Pemakaian karpet dalam jumlah yang besar tentu cukup menyulitkan Anda dalam perawatannya. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan karpet karet yang mudah dicuci dan terasa empuk. Berbeda dengan karpet berbahan fabric, karpet ini mudah dibongkar pasang dan memil

PRO DESIGN / ARTIKEL & DEKORASI / 5 KUNCI UTAMA PENATAAN RUANG BERMAIN ANAK